Jumat, 05 Agustus 2016

Pegukuran pada Fisika

         Blog KoFi - Telah dijelaskan bahwa Pengukuran adalah membandingkan sesuatu yang dapat diukur ( besaran) dengan sesuatu yang ditetapkan sebagai patokan ( satuan) yang telah kita bahas pada artikel sebelumnya yaitu "Materi Pengukuran dan Besaran Fisika" yang terdapat pengertian tentang pengukuran. Dari materi yang telah dipelajari pada subbab sistem satuan internasional, kita telah mengenal satuan standar dari setiap besaran pokok.

         Untuk mengukur suatu besaran fisika, kita dapat menggunakan satu instrumen atau lebih. Dalam menggunakan instrumen, kita harus dapat memilih dan merangkai alat ukur atau instrumen tersebut dengan benar. Selain itu, kalian juga dituntut untuk dapat membaca nilai atau skala yang ditunjukkan oleh instrumen dengan benar. Dengan memilih alat yang sesuai, merangkai alat dengan benar, dan cara membaca skala dengan benar, kita bisa meminimalkan kesalahan dalam pengukuran.

         Selain faktor dari orang yang mengukur, ketelitian alat ukur atau instrumen juga mempengaruhi hasil pengukuran pada fisika atau pengukuran lainnya. Ketelitian alat ukur atau instrumen dijamin sampai pada persentase tertentu dari skala penuh. Ketelitian alat ukur terkadang menyebabkan hasil pengukuran mengalami penyimpangan dari yang sebenarnya. Batas-batas dari penyimpangan ini disebut dengan kesalahan batas.

       Dalam Pengukuran pada Fisika , ada beberapa hal yang harus kita perhatikan diantaranya yaitu :
1. Kesalahan dalam Pengukuran
2. Ketidakpastian Pengukuran

Tidak ada komentar:

Posting Komentar