Kamis, 02 Maret 2017

Pengertian Gerak Melingkar

         Blog KoFi - Pada artikel ini kita akan membahas materi Pengertian Gerak Melingkar serta submateri yang akan kita bahas yang berkaitan dengan gerak melingkar. Gerak melingkar juga merupakan bagian dari materi "kinematika gerak". Pada artikel sebelumnya, kita sudah mempelajari gerak lurus yaitu "gerak lurus beraturan" dan "gerak lurus berubah beraturan". Sekarang akan kita lanjutkan mempelajari gerak dengan lintasan berupa lingkaran atau disebut gerak melingkar. Dengan menyimak penjelasan yang diberikan, kalian diharapkan mampu mengidentifikasikan beberapa besaran yang mendasari gerak melingkar, seperti frekuensi, periode, sudut tempuh, kecepatan linear, kecepatan sudut, dan percepatan sentripetal.

         Benda yang melakukan gerak melingkar banyak kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya roda yang berputar, komedi putar, gerak planet mengelilingi matahari, dan masih banyak contoh lainnya. Gerak melingkar dapat terjadi juga pada roller coaster sedang bergerak. Pernahkah Anda menaiki roller coaster? Jika Anda menaiki roller coaster yang sedang bergerak, Anda akan merasakan seolah-olah akan keluar atau terpental dari lintasan. Apakah yang menyebabkan hal tersebut. Untuk mengetahuinya, Anda harus memahami konsep tentang gerak melingkar.
Sumber: www.realcoaster.com

         Pengertian Gerak melingkar adalah Gerak sebuah benda dengan lintasan berbentuk lingkaran. Gerak melingkar dibagi menjadi dua, yaitu gerak melingkar beraturan (GMB) dan gerak melingkar berubah beraturan (GMBB). Gerak melingkar beraturan(GMB) adalah gerak yang lintasannya berbentuk lingkaran dengan laju konstan dan arah kecepatan tegak lurus terhadap arah percepatan. Sedangkan gerak melingkar berubah beraturan(GMBB) adalah gerak yang lintasannya berbentuk lingkaran dengan percepatan konstan. Pada GMB, arah kecepatan terus berubah sementara benda bergerak dalam lingkaran tersebut, tampak seperti pada berikut:
Gambar: sebuah benda bergerak membentuk sebuah lingkaran

         Oleh karena percepatan didefinisikan sebagai besar perubahan kecepatan, perubahan arah kecepatan menyebabkan percepatan sebagaimana juga perubahan besar kecepatan. Dengan demikian, benda yang mengelilingi sebuah lingkaran terus dipercepat, bahkan ketika lajunya tetap konstan ($v_1 = v_2 = v$).

Adapun submateri yang akan kita pelajari yang berkaitan dengan materi gerak melingkar adalah
*). Besaran pada Gerak Melingkar
*). Percepatan Sentripetal ($a_s$)
*). Penerapan Gaya Sentripetal
*). Perpindahan pada Gerak Melingkar
*). Gerak Melingkar Berubah Beraturan (GMBB).

       Demikian pembahasan materi Pengertian Gerak Melingkar dan submateri yang akan kita pelajari pada gerak melingkar. Untuk memperdalam penguasaan materi gerak melingkar, silahkan teman-teman baca dan ikuti link di atas atau melalui artikel terkait yang di bagian akhir artikel. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar