Kamis, 23 Februari 2017

Jarak dan Perpindahan

         Blog KoFi - Sebelum kita mempelajari submateri "kinematika gerak", kita akan pelajari dulu materi pendukungnya yaitu yang pertama tentang Jarak dan Perpindahan. Pada fisika, jarak dan perpindahan mempunyai pengertian yang berbeda. Jarak adalah panjang lintasan sesungguhnya yang ditempuh oleh suatu benda dalam waktu tertentu. Jarak merupakan besaran skalar. Sedangkan Perpindahan adalah perubahan kedudukan suatu benda karena perubahan waktu. Perpindahan merupakan besaran vektor. Untuk memudahkan perhatikan.

contoh berikut ini:
Perhatikan gambar di berikut ini,Ida berlari mengelilingilapangan sepakbola yang memiliki panjang 100 m dan lebar 50 m. Ida berangkat dari titik A dan berhenti di titik C dengan melewati titik B. Sementara itu, Adi berlari dari titik A dan berhenti di titik D dengan melewati titik B dan C, pada lapangan yang sama. Tentukan jarak dan perpindahan yang ditempuh Ida dan Adi!

Jawab:
a. Untuk Ida
*). Jarak yang ditempuh Ida
Jarak = AB + BC = 100 + 50 = 150 m
Jadi, jarak yang ditempuh Ida adalah 150 m.

*). Perpindahan Ida
Karena lintasan yang ditempuh Ida berbentuk garis yang saling tegak lurus, maka perpindahannya adalah sebagai berikut:
$ \begin{align} \text{perpindahan Ida } & = \sqrt{AB^2 + BC^2 } \\ & = \sqrt{ 100^2 + 50^2} \\ & = \sqrt{ 10000 + 2500} \\ & = \sqrt{ 12500} \\ & = 111,8 \, \, \, \text{m} \end{align} $
Jadi, perpindahan yang dialami Ida adalah 111,8 m .

b. Untuk Adi
*). Jarak yang ditempuh Adi
Jarak = AB + BC + CD = 100 + 50 + 100 = 250 m
Jadi, jarak yang ditempuh Adi adalah 250 m.

*). Perpindahan Adi
Ingat, perpindahan merupakan besaran vektor (memiliki arah). Jika AB Anda nyatakan positif, maka CD bernilai negatif. Oleh karena itu, perpindahan yang dialami Adi adalah sebagai berikut.
$ \begin{align} \text{Perpindahan Adi } & = AD = (AB +BC) - CD \\ & = (100 + 50) - 100 \\ & = 150 - 100 \\ & = 50 \, \, \, \text{m} \end{align} $
Jadi, perpindahan yang dialami Adi adalah 50 m.

       Demikian pembahasan materi Jarak dan Perpindahan dan contoh-contohnya. Silahkan juga baca materi lain yang berkaitan dengan kelajuan dan kecepatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar